Bahagia

Disinilah saya sekarang. Tiba-tiba ingin sekali menulis sesuatu tanpa tahu tema. Berarti postingan kali ini akan tentang saya, yang sekarang sedang berada di bawah langit Yogyakarta. Malam yang terlalu larut untuk menulis sesuatu di akhir perjalanan panjang melelahkan di bus, tapi belum terlambat untuk bilang kalau saya bahagia.

Apa yang tepatnya membuat saya bahagia akan tetap jadi rahasia. Tapi, gejolak yang saya rasakan lebih pada euforia yang abstrak. Katakanlah saat dimana kau merasa begitu senang hingga meleleh dalam hati, atas sesuatu yang bahkan tak bisa kau jelaskan.

Banyak hal terjadi, baik dan buruk. Ada yang baiknya membuat hidup sungguhan hidup, ada yang buruknya menjepit jalan nafas sendiri. Tapi sampai di titik ini, saya masih belum kapok jadi saya. Masih sering tetiba tersenyum karena syukur yang tak tergambar, masih sering takut membayangkan seandainya ditakdirkan lahir bukan jadi saya. Ini sebaik-baiknya hidup, dengan baik dan buruknya keadaan. Seindahnya hidup dengan pilihan kejutan, pilihan tujuan. 

Saya melihat secarik foto. Dan langsung tahu, inilah tujuan.

Perasaan yang bahkan aksara sulit merangkainya. Yang saat akan dijelaskan mungkin hanya akan berbuah patahan kata tak jelas, yang meluap begitu rupa tanpa bisa ditahan lajunya. Di titik ini, Tuhan sungguhan baik. Ah, ralat. Tuhan memang selalu baik, dan akan selalu baik. Mungkin sejak saya berhenti menyalahkan keadaan, semua terasa baik-baik saja. Sungguh. Bersyukur dengan saat ini adalah hadiah untuk diri sendiri. 

Sayang sekali saya sudah terlalu lelah untuk menjabarkan lebih banyak. Lagipula, euforia pribadi semacam ini terlalu hakiki. Harusnya dirasakan oleh tiap pribadi. Semoga. Karena, menerima dan bahagia dengan rencana Tuhan adalah bagian tersulit sekaligus terbaik.

Ah, saya yang awam pengalaman hidup ini tahu apa. 

Yang saya tahu, masing-masing kita berhak dan bisa bahagia. Bahkan dengan cara yang paling sederhana. Seperti saya sekarang, yang dibahagiakan oleh secarik foto biasa. 

Selamat menemukan bahagia.

2 comments: