Orang-Orang


Orang-orang yang selalu bilang, "Makanya jangan begini!" "Makanya jangan begitu!" saat kita sedang diuji dan terpuruk adalah seburuk-buruknya orang-orang. Seakan-akan menderita dan merasa sedih adalah pilihan kita sendiri, seakan-akan kita ingin dan nyaman berada dalam keadaan duka, seakan-akan kita tak ingin berhasil dan bahagia.
Orang-orang yang selalu bilang, "Si ini saja bisa, masa kamu nggak." "Tapi aku bisa gini gitu, kamunya kurang usaha kali." saat kita belum mendapatkan apa yang kita inginkan adalah sejahat-jahatnya orang-orang. Seakan-akan doa-doa yang kita panjatkan tak ada artinya, seakan-akan upaya dan ikhtiar yang kita jalani hanya omong kosong, seakan-akan hidup dan takdir orang per orang adalah sama, seakan-akan dibanding-bandingkan itu tidak menyakitkan. 
Orang-orang yang selalu merasa paling paham dan khatam dalam hidup, orang-orang yang merasa tahu betul akan gelisah di pikiran dan lubuk hati orang lain, orang-orang yang mengecilkan dan menganggap remeh masalah dan beban lahir batin orang lain, orang-orang yang merasa hidupnya paling benar hingga yang orang lain jalani adalah salah, orang-orang yang jarang sekali mempertimbangkan baik buruk kata-kata dan tindakannya, orang-orang yang menyembah hasil dan tak pernah menghargai proses dan perjuangan. 
Jangan jadi orang-orang yang begitu, ya. Kita tidak berhak mengomentari terlebih menghakimi hidup orang lain. Kita tidak pernah tahu, barang seujung kuku pun, betapa kerasnya mereka berjuang. Kita tidak pernah tahu, gelisah macam apa yang berkecamuk dan harus mereka tanggung beratnya. Hidup ini keras, jangan jadi orang-orang yang malah memberi beban lebih pada hidup orang lain, alih-alih meringankannya.

No comments:

Post a Comment