Pandora

Pandora. Judul blog dan tumblr-ku. Sekarang aku ingin membahas sedikit tentang Pandora, wanita dari jaman Yunani kuno yang menginspirasi.
Konon, Pandora adalah wanita pertama yang diciptakan oleh Dewa Zeus. 
Sebelumnya, pasti banyak yang sudah mendengar tentang Kotak Pandora, kan. Ini adalah cerita singkat mengenai Legenda Kotak Pandora, yang diceritakan membawa berbagai keburukan pada umat manusia lewat kotak miliknya.

Kotak Pandora:
Prometheus membocorkan rahasia api milik para dewa kepada umat manusia, selain itu dia juga menipu Zeus dalam suatu undian. Karena perbuatannya, Zeus memutuskan menghukumnya dengan menggunakan Elang Kaukasus. Sementara untuk umat manusia, para dewa memberi hukuman melalui Pandora. Setelah diciptakan, Pandora dinikahkan dengan Epimetheus, saudara Prometheus. Pada hari pernikahan mereka, Zeus memberi hadiah berupa sebuh kotak yang indah. Pandora diperingatkan Prometheus untuk tidak membuka kotak tersebut. Suatu hari, Pandora sangat penasaran dan kemudian membuka kotak tersebut. Setelah dibuka, dari kotak itu keluar berbagai macam keburukan (kejahatan, penyakit, penderitaan). Semua keburukan itu menyebar ke seluruh dunia dan menjangkiti umat manusia. Pandora kemudian melihat ke dalam kotak dan menyadari masih ada satu hal yang tersisa di sana: harapan.

Aku suka sekali cerita jaman Yunani kuno. Dewa Zeus, Thor, Loki, Dewi Hera, Hercules, dan semua yang berhubungan dengan mitologi mereka. Kehidupan mereka menarik dan aku percaya kalau mereka benar-benar pernah ada di dunia. Aku suka membayangkan mereka benar-benar hidup dan menjalani kehidupan seperti manusia. Aku bahkan membuat satu novel yang setingnya jaman Yunani kuno di langit: Dear Gods.

Well, sebenarnya aku nggak terlalu mengagumi sosok Pandora. Hanya saja, kisah tentang kotaknya itu memang melegenda hingga sekarang dan sering diangkat dalam novel, film, bahkan komik. Aku suka inti dari bencana yang sebenarnya ada dalam kotak.

Bahwa di tiap musibah dan masalah, selalu ada harapan.

Pandora paint by unknown

No comments:

Post a Comment